Di Cina Ikan Juga Harus Tes Swab Covid 19

Sebuah kota pesisir di China tidak hanya memerintahkan tes swab COVID-19 kepada para nelayan, tetapi juga pada hasil tangkapan mereka. Mulai dari ikan, kepiting hingga udang juga harus swab.

Aturan ini dilakukan saat kasus COVID-19 di negara tersebut sedang naik-naiknya, terutama di Xiamen, daerah pesisir tersebut. Swab terhadap hewan laut hasil tangkapan nelayan ini merupakan keputusan dari Komite Pengendalian Pandemi Maritim di Distrik Jimei, Xiamen.

"Kami menguji manusia serta apa yang mereka tangkap pada saat yang sama," kata seorang pejabat Biro Pengembangan Kelautan Kota Xiamen, dikutip dari Independent, Minggu (21/8/2022).

Dalam video yang beredar, terlihat petugas medis tengah melakukan swab terhadap sejumlah hewan laut berupa ikan hingga kepiting. Petugas mencolokkan alat swab ke hewan tersebut sebagaimana mereka mencolokkannya ke manusia saat swab.

Xiamen bukan satu-satunya daerah yang menerapkan tes swab terhadap hewan. Hainan juga menerapkan hal yang sama.

"Kami bukan satu-satunya tempat yang melakukan ini. Kami mengambil pelajaran dari Hainan, yang menyaksikan wabah serius. Dikatakan bahwa itu mungkin dipicu oleh transaksi hasil laut antara nelayan lokal dan rekan-rekan mereka di luar negeri," kata Biro Pengembangan Kelautan Kota Xiamen seperti dikutip South China Morning Post.

Langkah melakukan tes swab terhadap hewan ini sendiri menuai pro dan kontra. Ada yang mendukung dan menganggap aneh tes swab tersebut.