Cara Mengatasi HP Lag saat Main Game Free Fire

Solusi Patah-patah Saat Main Free Fire

Game populer bergenre battle royale yakni Free Fire atau FF ini memiliki ukuran file yang terbilang cukup ringan. Akan tetapi masih banyak para player yang mengeluh karena HP mengalami lag atau patah-patah ketika sedang bermain. Jadi kami akan memberikan tutorial cara mengatasi Free Fire lag, patah-patah yang benar.

Ketika kamu sedang push rank atau tournament kemudian HP tiba-tiba lag dan patah-patah itu akan membuat emosi tingkat tinggi padahal sinyal internet kita sudah mencukupi. Kasus seperti ini bisa terjadi pada smartphone apapun itu, maka, jika sedang mengalami hal ini kamu harus mengatasinya dengan benar dan tepat. Untuk itu kami akan memberikan langkah-langkah yang tepat bagaimana cara mengatasi HP lag, patah-patah, atau FPS drop saat main Free Fire.

Cara Mengatasi Free Fire Lag Patah-Patah

Karena Free Fire ini memiliki 50 player, ketika dalam mode battle royal dimana semua player wajib bertahan hidup hingga booyah dan menjadi pemenangnya. Itu akan menjadi pertarungan yang cukup sengit, karena ketika kamu sedang berada baik di area safezone ataupun tidak dan jumlah player masih banyak, itu akan membuat HP menjadi patah-patah.

1. Menghapus Cache Sebelum Bermain

Cara Mengatasi Lag di Free Fire dengan Mudah

Salah satu cara biar tidak lag main FF yaitu dengan melakukan hapus cache sebelum bermain. Langkah ini cukup berpengaruh ketika file cache sudah menumpuk, dan ini juga dapat memakan banyak memori internal untuk smartphone. 

Cara menghapus cache FF sangatlah mudah, kamu dapat melakukannya di dalam game Free Fire, berikut langkah-langkahnya.

  1. Login akun Free Fire kalian
  2. Kemudian pergi ke Pengaturan yang berada di pojok kanan atas
  3. Pilih Pengaturan Dasar
  4. Scroll ke bawah dan cari menu Browser, kemudian klik Hapus cache
  5. Setelah itu tekan Konfirmasi untuk menghapus cache

2. Matikan Unduh Otomatis Sumber Daya

Cara Mengatasi Lag Free Fire dengan Mudah

Penyebab FF lag juga dapat disebabkan dengan mengaktifkan unduh otomatis sumber daya direkomendasikan, karena apabila kamu aktifkan akan membuat ruang penyimpanan ponsel menjadi penuh dan kemungkinkan aplikasi yang ada di ponsel menjadi lag atau patah-patah saat dimainkan. 

Jadi kami merekomendasikan untuk menonaktifkan fitur unduh otomatis sumber daya, apabila teman-teman tidak mengetahui bagaimana caranya, berikut cara mematikan unduh otomatis sumber daya Free Fire.

  1. Login akun Free Fire
  2. Pergi ke Pengaturan Free Fire
  3. Pilih tab Pengaturan Dasar
  4. Cari menu Unduh Otomatis Sumber Daya yang Direkomendasikan lalu tekan Off.

3. Atur Kecepatan Auto Pickup

Cara Mengatasi HP Lag saat Main Game Free Fire

Dengan mengatur settingan auto pickup game Free Fire itu dapat sedikit membantu kamu mengurangi lag di dalam permainan berlangsung. Jadi teman-teman dapat sedikit merubah settingan yang ada pada pengaturan auto pickup salah satunya pada fitur Kecepatan Auto Pickup. 

Apabila kamu menggunakan settingan Cepat, ponsel akan menjadi bekerja lebih keras dan itu bikin Free Fire jadi frame bahkan drop FPS untuk HP yang cukup kentang, teman-teman bisa mengubahnya menjadi Default seperti gambar di atas.

4. Mengatur Tampilan Grafik Free Fire

Cara Atasi Lag Patah-Patah di FF

Setiap game memiliki settingan pada tampilan graphics, apabila spesifikasi ponsel kita memadai, semua akan berjalan dengan lancar. Seiringnya jalan tentu developer game akan selalu melakukan update. 

Oleh karena itu pastikan kamu mengetahui spek terhadap ponsel yang kamu miliki dan jangan memaksakan untuk mendapatkan grafik yang rata kanan atau ultra. Caranya, pergi ke Pengaturan, kemudian pilih menu Tampilan. Kami sarankan untuk menggunakan graphics Standard saja apabila di HP menggunakan Ultra sudah merasa patah-patah saat main. Setting FPS Tinggi menjadi Normal

5. Gunakan Download Center Secukupnya

Solusi Patah-patah Saat Main Free Fire

Hal ini merupakan salah satu faktor yang cukup berpengaruh karena ketika kamu mengunduh semua yang ada dalam Download Center itu dapat memenuhi memori HP, secara otomatis ruang penyimpananmu akan langsung penuh. Apabila sudah terlanjur download, bisa langsung tekan logo keranjang sampah untuk menghapusnya.

Pastikan teman-teman mengunduh yang sekiranya butuh saja jangan semuanya kondisional saja downloadlah secukupnya. Misalnya seperti favorit sepanjang masa, special map, charakters & pets dan juga outfit yang kita miliki dan itu sudah cukup.

6. Gunakan Aplikasi Game Booster

Tips ini sangat membantu karena dengan adanya aplikasi game booster, permainan apapun dapat digunakan tidak hanya FF. Biasanya ada tipe ponsel Android yang sudah memiliki aplikasi game booster bawaan dari HP itu sendiri. 

Ketika kamu sudah mengaktifkan game booster otomatis aplikasi yang terdapat dalam ponsel menonaktifkan semua latar belakang aplikasi, sehingga peforma permainan Free Fire menjadi lebih nyaman dan tidak mudah lag lagi. 

7. Pakailah Jaringan yang Stabil

Sebelum bermain game Free Fire pastikan untuk mengecek kestabilan jaringan internetmu, apakah sedang mengalami gangguan atau tidak. Karena jika internetmu bermasalah sudah pasti Free Fire akan menjadi lag. Gunakan jaringan 4G atau 5G karena sedikit untuk gangguan dan selalu stabil untuk permainan Free Fire.

8. Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Lihatlah berapa banyak aplikasi di dalam ponselmu, jika ada yang tidak penting dan tidak digunakan lagi alangkah baiknya untuk diuninstall aplikasi tersebut. Itu akan membuat ruang penyimpanan HP sedikit lebih banyak dan membuat permainan FF menjadi lancar.

Lihat di manajemen aplikasi, apa saja aplikasi yang memiliki size besar dan tidak terpakai. Jika ada, langsung saja dihapus dengan begitu ruang internal dan RAM menjadi tidak penuh. Instal aplikasi yang sekiranya wajib kamu miliki saja, agar game FF dapat dimainkan dengan lancar tidak lag.

9. Jangan Mainkan FF saat Low Battery

Jangan sesekali kamu main Free Fire saat kondisi HP sudah mau habis batre, karena itu akan sangat membuat permainan FF jadi sangat patah-patah. Lebih baik ponsel dicharge terlebih dahulu hingga penuh, lalu kamu boleh memainkannya lagi. 

Pada dasarnya semua HP ketika sedang low battery lalu kondisi sedang bermain game, game apapun akan menjadi frame dan lag.

10. Gunakan Alat Pendingin Suhu HP

Usahakan ketika kamu lagi bermain FF jangan sampai suhu ponsel panas jika sudah panas, peforma HP akan menurun drastis. Otomatis HPmu akan mengalami patah-patah saat sedang bertanding.

Apabila sudah terasa hangat, cobalah duduk di ruangan AC atau depan kipas angin, akan lebih baik jika dari sebelum bermain kamu menggunakan fun cooler untuk menjaga suhu ponsel tetap dingin dengan begitu main game apapun akan tetap lancar jaya.

11. Selalu Matikan Mic saat Main

Mengaktifkan mic memang membantu team kita ketika sedang war melawan musuh, akan tetapi memiliki kekurangan apabila kita nyalakan yaitu dapat membuat performa ponsel menurun. 

Kamu tetap dapat boleh mengaktifkan mic ketika situasi yang genting saja, dengan begitu kinerja HP akan tetap berjalan dengan baik tidak mudah lag.

12. Hindari Main FF saat Charge HP

Sebenarnya main game atau tidak ketika HP sedang di charge itu sangat wajib untuk dihindari, selain membuat kesehatan baterai jadi menurun, peforma ponselpun ikut menurun. 

Apalagi ditambah kamu sambil main FF itu pasti akan frame atau patah-patah karena otomatis suhu ponsel panas, sangat tidak dianjurkan untuk bermain game saat sedang melakukan charging lebih baik tunggu sebentar lalu kamu dapat bermain FF dengan nyaman.

Kesimpulan

Itulah cara mengatasi HP lag saat main game Free Fire. Jika ada pertanyaan seputar Free Fire atau games lainnya bisa tanyakan saja di kolom komentar. Semoga dengan adanya artikel ini, kamu sudah dapat bermain FF dengan lancar tanpa adanya lag, patah-patah atau drop FPS. Selamat Bermain!

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi HP Lag saat Main Game Free Fire"