Ketika Rasulullah Makan Anggur Semangkuk Penuh Tanpa Menawari Para Sahabat

Ketika Rasulullah Makan Anggur Semangkuk Penuh Tanpa Menawari Para Sahabat, Alasannya sangat menyentuh hati.


Datang seorang miskin. kepada Rasulullah saw dengan membawa hadiah semangkuk buah anggur. Rasul pun menerima hadiah itu dan mulai memakannya.


Biasanya, Rasulullah selalu memberi makanan kepada para sahabat jika ada yang member sedekah dan beliau sendiri tidak ikut makan.


Sementara jika ada yang memberi hadiah, Rasul juga memberi kepada para sahabat dan beliau pun ikut makan.


Namun kali ini berbeda, beliau memakan buah pertama lalu tersenyum kepada orang tersebut. Beliau mengambil buah kedua lalu tersenyum kembali.


Orang yang memberi anggur itu serasa terbang bahagia karena melihat Rasulullah menyukai hadiahnya.


Sementara para sahabat melihat beliau dengan penuh rasa heran. Tidak biasanya Rasulullah makan sendirian. Satu per satu anggur itu diambil oleh Rasulullah dengan selalu tersenyum, hingga semangkuk anggur itu habis tak bersisa,

Para sahabat semakin heran dan orang miskin itu pulang dengan hati penuh bahagia.


Lalu seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah saw, "Wahai Rasulullah, mengapa engkau tidak mengajak kami ikut maka bersamamu?"


Rasul pun tersenyum dan menjawab,' Kalian telah melihat bagaimana wajah bahagia orang itu dengan memberiku semangkuk anggur.


Dan ketika aku memakan anggur itu, kutemukan rasanya masam. Dan aku takut jika mengajak kalian ikut makan denganku, akan ada yang menunjukkan sesuatu yang

tidak enak hingga merusak kebahagiaan orang itu.


Sungguh besar kepeduliaan Rasulullah saw dalam menjaga perasaan orang lain.