Apa Ada Ayat Al Qur'an Yang Menyebutkan Sholat 5 Waktu?

Jika anda bertanya tentang apakah ada ayat Al Qur'an yang menyebutkan Sholat atau Salat 5 waktu maka di sini anda akan temukan jawabnya yaitu ada. Berikut penjelasannya.

Ayat Al Qur'an Yang Menyebutkan Sholat 5 Waktu

Pada awalnya Sholat hanya 2 waktu yaitu Sholat Isya dan Sholat Subuh. Disebutkan dalam ayat Al Qur'an beriku

"Dirikanlah olehmu Sholat ketika gelincir matahari hingga waktu gelap malam, dan (dirikanlah) Sholat subuh sesungguhnya Sholat subuh itu adalah disaksikan (keistimewaannya)", (QS Al Israa': 78).

Dalam Ayat tersebut terdapat perintah Sholat ketika tergelincirnya matahari hingga gelap malam yaitu Sholat Isya dan Sholat Subuh.

Kemudian Perintah sholat bertambah 3 waktu dalam Al Qur'an disebutkan:

"Dan dirikanlah sholat itu pada kedua tepi siang dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat", (QS Hud: 114).

Perintah Sholat pada kedua tepi siang, yaitu dua Sholat yang dikerjakan saat siang hari seperti Sholat Dzhuhur dan Sholat Ashar. Dan pada permulaan daripada malam yaitu Sholat Magrib.

Sehingga lengkap perintah Sholat 5 waktu yaitu Sholat Isya, Shubuh, Dzuhur, Asar, dan Magrib. Dan hukum mengerjakan Sholat adalah wajib seperti yang disebutkan ayat Al Qur'an berikut ini :

Maka laksanakanlah sholat itu (sebagaimana biasa). Sungguh, sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. (QS. An Nisa' : 103)

Penjelasan Sholat 5 Waktu

Perintah Sholat 5 waktu dijelaskan, dikuatkan dan disebutkan kembali secara lebih rinci dalam Hadits, salah satunya adalah sebagai berikut :

Diriwayatkan oleh Thalhah bin Ubaidillah, dia berkata: Seseorang mendatangi Rasulullah SAW, dia bertanya tentang Islam. Lalu Rasulullah SAW bersabda: Sholat lima waktu sehari semalam. Pria itu bertanya: Apakah saya diwajibkan sholat selain itu? Nabi menjawab: Tidak, kecuali sekadar sunnah. 
(HR Bukhari : 2678, dan Muslim: 11)

Allah Maha Mengetahui bahwa akan ada manusia yang akan menyesatkan dengan cuma melihat Al Qur'an saja oleh karena itu Allah memberikan karunia kepada nabi Muhammad sebagai Hikmah atau Hadits. Sehingga Allah menurunkan Al Qur'an dan Hadits untuk Manusia.

Ada seseorang yang meragukan perintah Sholat 5 waktu karena tidak disebutkan dalam Al Qur'an. Padahal disebutkan seperti yang dijelaskan saya di atas. Kemudian dia hanya melihat Al Qur'an saja, tidak Hadits. Padahal di dalam Al Qur'an disebutkan petunjuk yang diturunkan adalah Al Qur'an dan Hadits, seperti berikut:

Surah An Nisa ayat 113 
“Dan kalau bukan karena karunia Allah dan rahmat-Nya kepadamu (Muhammad), tentulah segolongan dari mereka berkeinginan keras untuk menyesatkanmu. Tetapi mereka hanya menyesatkan dirinya sendiri, dan tidak membahayakanmu sedikit pun. Dan (juga karena) Allah telah menurunkan Kitab (Alquran ) dan Hikmah (Sunnah/Hadits) kepadamu dan telah mengajarkan kepadamu apa yang belum engkau ketahui. Karunia Allah yang dilimpahkan kepadamu itu sangat besar.”

Dan orang tersebut sudah dipastikan akan dimasukan Allah ke dalam Neraka terburuk yaitu Neraka Jahanam yang disebut dalam Ayat Al Qur'an berikut :

Surah An Nisa ayat 114
Dan barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali.

Semoga kita tidak termasuk orang-orang tersebut. Dan bagi yang meragukannya anda bisa jelaskan atau bisa membagikan tulisan tentang jawabnya apakah ada ayat Al Qur'an menyebutkan Sholat 5 waktu.