Skip to main content
Daftar Isi ×

Recent Disqus

Pesan Saya Untuk Anda
Jika anda memperkecil tampilan Blog atau pada tampilan Hp terdapat menu Pilih. Anda bisa geser ke samping dan klik tulisannya untuk mendapatkan informasi tersebut.
Setelah melihat informasi ini dan Blog tidak bisa digulir, silahkan klik simbol rumah atau klik nama blog ini.

Kenapa Telkom Masih Perlu Kabel Bawah, Laut Padahal Sudah Ada Satelit?

Masalah

Beberapa hari ini mungkin ada masalah dengan dunia pertelkoman. Taukan masalahnya. Yaa. Kabel bawah laut milik telkom ternyata ada gangguan.

Penjelasan

Kok bisa sih dia pake kabel bawah laut. Nohh satelit aja udah banyak. Nah jadi gini, Kabel laut memiliki keunggulan dapat mengangkut lalu lintas data dalam jumlah besar. Hal ini belum dapat diberikan oleh satelit.

Kabel Bawah Laut

VP Network Infrastructure Solution PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Persero), Bastian Sembiring, mengatakan bahwa 99% lalu lintas data saat ini masih didistribusikan melalui kabel laut, dan hanya 1% yang melalui satelit.

Dia mengatakan kabel laut dibutuhkan untuk mendukung aktivitas internet yang membutuhkan kapasitas besar. Sedangkan satelit lebih dibutuhkan untuk daerah yang hanya memerlukan kapasitas kecil.

Satelit

“Kalau sudah kapasitas besar tidak mungkin memakai satelit, penggunaan satelit banyak di Timur, karena penggunaannya belum banyak,” kata Bastian, kepada Bisnis.com beberapa waktu lalu.

Dia menambahkan potensi kabel laut masih besar seiring dengan rencananya hadirnya 5G di Indonesia. Bastian menuturkan ketika teknologi generasi ke lima datang, maka lalu lintas data diprediksi akan meningkat sepuluh kali lipat.

Bastian menambahkan berdasarkan data yang dihimpun Telkom, lalu lintas data pada 2025 diperkirakan mencapai 10.612 PB, atau naik 538,5% dibandingkan dengan 2019 yang berjumlah 1.662 PB.

Begitu pun dengan rata-rata kecepatan, diperkirakan pada 2025 kecepatan internet di masyarakatn mencapai 52 Mbps, naik 314% dibandingkan dengan 2019 yang sekitar 12,8 Mbps.

“Satu satelit seperti punya Telkom, paling hanya bisa 1,5 GB. Padahal satu area tertentu kebutuhannya bisa mencapai 30 GB,” kata Bastian.

Perbedaan Satelit dan Kabel Bawah Laut

Jadi perbedaan yang mendasar adalah Kabel bawah laut memiliki keunggulan dalam kecepatan, tapi untuk jangkauan dia masih kurang. Nahh begitu pun sebaliknya satelit. Dia bisa menjangkau area luas bahkan terpencil tapi kecepatan begitu lambat.

Kesimpulan

Kenapa Telkom Masih Perlu Kabel Bawah, Laut Padahal Udah Ada Satelit? Karena kalo satelit kecepatan internetnya tergantung cuaca. Kalo lewat kabel biasanya lebih stabil.

PERHATIAN: Jika anda ingin membagikan tulisan di blog ini lakukan dengan cara membagikan link nya atau dengan menekan tombol ikon media sosial di atas. Dan Jika anda ingin bertanya atau butuh bantuan bisa kontak dengan Klik Disini - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Komentar melalui facebook di sini