Cara Mengatasi Hp Android Muncul Suara Setiap Mau Klik

Hp android anda muncul suara ketika diklik. Saya menemukan masalah ini dari Hp teman saya. Awalnya dia bilang terjadi karena setelah menginstal Aplikasi sehingga saya mengira karena Aplikasi tersebut, Hp nya jadi seperti itu. Ternyata dugaan saya salah. Setelah Aplikasi tersebut diuninstal ternyata masalah masih ada, yaitu masih ada suara google asisten setiap mengklik suatu menu.

Selain bikin aktifitas dalam menggunakan Hp jadi lambat juga untuk klik memilih menu perlu dua kali, tidak sekali seperti biasa. Itupun menu yang dipilih juga tampil dengan lambat tidak secepat biasanya. Jadi berikutnya saya menyimpulkan karena suatu pengaturan tertentu di Hp tersebut aktif disebabkan oleh suatu Aplikasi yang baru diinstal itu yang secara tidak kita sadari mengaktifkan fitur yang menggangu tersebut. Jadi saya sudah temukan cara mengatasinya. Sebelum itu kita ketahui dulu 

Cara menggunakan Hp yang suaranya muncul:

  • Pilih Item/Menu klik dua kali
  • Mengakses Item/Menu geser ke kanan atau kiri
  • Gulir menu atau layar gunakan dua jari

Menghilangkan suara yang muncul di Hp

Dengan cara menonaktifkan suatu pengaturan fitur tidak kita kenal tersebut. silahkan ikuti tutorial berikut ini.

  1. Masuk ke menu pengaturan (simbol roda gerigi) 

  2. Gulir dan temukan  menu pengaturan lainnya (simbol roda gerigi lagi) lalu pilih

  3. Gulir dan temukan menu aksesibilitas lalu pilih

  4. Temukan menu TalkBack lalu pilih

  5. Matikan fitur Talkback, selesai silahkan kembali 

Setelah mengikuti cara di atas, harusnya suara seperti google Asisten setiap anda klik sesuatu menu di Hp Android anda, sudah hilang. Awalnya memang sulit karena masalah ini muncul dari pengaturan fitur Talkback yang memang kita sendiri tidak merasa mengaktifkannya atau memang kita mengatifkan fitur itu tapi tanpa kita sadari.

Talkback sendiri adalah fitur yang ada di Smartphone atau Hp pintar yang akan membantu mengenali menu-menu setiap klik sekali dan akan muncul suara yang menjelaskan menu tersebut dan klik sekali lagi untuk menggunakan menu itu. Terdapat pilihan bahasa termasuk bahasa Indonesia yang dapat diatur dan dipilih melalui gerakan tersebut yaitu gerakan ke atas dan ke bawah pada bagian bawah layar. Menu ini juga dibuat untuk yang kesulitan membaca menu atau tidak tahu tentang menu tersebut.

Tapi anda tidak perlu merestart Hp anda karena, itu sudah saya coba pada awalnya dan hasilnya tetap sama. Jadi mengatasinya dengan cara mematikan pengaturan fitur Talkback untuk menghentikan suara muncul di Hp Android setiap melakukan klik seperti tutorial yang saya jelaskan dalam artikel ini. Semoga membantu.