Kenapa Kalau Kita Klitik Tubuh Sendiri Itu Tidak Geli

Kalau kita klitik tubuh sendiri itu tidak geli karena dalam diri kita ada Otak Kecil yang namanya Cerebellum. Otak kecil juga memantau perintah motorik yang dihasilkan oleh Otak Besar. Berikut penjelasannya.

Cerebellum Bikin Kita Klitik Tubuh Sendiri Itu Tidak Geli

Cerebellum adalah otak kecil. Letaknya berada di bagian bawah otak besar dan di bagian belakang kepala kita. Lebih jelasnya bisa di lihat pada gambar di bawah ini. Bagian yang berwarna merah dan kuning adalah otak kecil. Sedangkan yang biru besa adalah otak besar.

Otak Kecil

Cerebellum gunanya untuk mengatur pengendali gerak, keseimbangan serta membantu kemampuan belajar dan mengingat kemampuan motorik. Cerebellum ini juga mempredeksi sensasi yang ditimbulkan oleh kita sendiri. Jadi ketika kita menglitiki diri kita sendiri, Cerebellum sudah tahu yang dilakukan kita karena Otak kita sendiri, lalu membatalkan respon geli dari bagian daerah Otak lainnya (Otak Besar) yang mengontrol rasa geli dan dimati'in rasa gelinya oleh dia. Tapi tidak akan terjadi jika kita diklitiki oleh orang lain, karena otak kecil kita tidak mengenali gerakan orang lain, makanya kita geli.