Bulan Selalu Memperlihatkan Sisi Yang Sama Pada Bumi Karena

Sebab kenapa Bulan selalu memperlihatkan sisi atau wajah yang sama pada Bumi karena waktu revolusi Bulan sama dengan waktu rotasi Bulan. Lebih jelasnya kita pahami penjelasan berikut.

Arti Revolusi Bulan

Revolusi Bulan adalah gerakan Bulan mengelilingi benda angkasa lain. Revolusi Bulan ada dua, yaitu Revolusi Bulan Terhadap Bumi dan Revolusi Bulan Terhadap Matahari.

Revolusi Bulan Terhadap Bumi

Maksud dari Revolusi Bulan terhadap Bumi adalah gerakan Bulan mengelilingi Bumi. Gerakan ini bisa kita lihat di Bumi. Kita melihat Bulan bergerak dari bawah ke atas lalu turun ke bawah lagi. Gerakan itu yang disebut Revolusi Bulan terhadap Bumi. Dan waktu Revolusi Bulan terhadap Bumi yaitu 27 Jam.

Revolusi Bulan Terhadap Matahari

Maksud dari Revolusi Bulan terhadap Matahari adalah gerakan Bulan bersama Bumi mengelilingi Matahari. Gerakan ini bisa kita lihat di Bumi. Alasan kita melihat Bulan bercahaya sedikit disebut Bulan Sabit, setengah, dan sepenuhnya disebut Bulan Purnama. Cahaya Bulan ini dari pantulan cahaya Matahari, dan bagian gelap Bulan karena cahaya Matahari dilindungi Bumi. Waktu Revolusi Bulan terhadap Matahari yaitu 1 tahun.

Arti Rotasi Bulan

Rotasi Bulan adalah gerakan Bulan berputar pada porosnya. Seperti apa berputar pada porosnya itu yaitu seperti gasing berputar. Waktu yang diperlukan Bulan untuk berotasi adalah 27 Jam.

Kesimpulan

Alasan kenapa Bulan selalu memperlihatkan wajah yang sama pada Bumi karena saat Bulan mengelilingi Bumi (Rotasi Bulan Terhadap Bumi), Bulan juga melakukan Rotasi. Jadi ketika Bulan bergerak mengelilingi Bumi, Bulan juga berputar. Karena waktu gerakan Bulan mengelilingi Bumi sama dengan waktu Bulan berputar yaitu 27 Jam maka sisi yang terlihat di Bumi juga sama, itu-itu saja.

Saran

Kalau belum paham, saran dari saya, kita bisa mempraktekan gerakan Bulan dan Bumi ini. Yaitu anda saling bergandengan sama teman anda. Anggap anda adalah Bulan dan teman anda adalah Bumi. Baik Bumi yang mengelilingi Bulan atau Bulan mengelilingi Bumi, gerakannya tetap sama. Kemudian anda berputar dan teman anda bergerak mengelilingi anda, putaran anda sama dengan gerakan teman anda mengelilingi anda, sehingga anda terus saling berhadapan.