Skip to main content
Daftar Isi ×

Recent Disqus

Pesan Saya Untuk Anda
Jika anda memperkecil tampilan Blog atau pada tampilan Hp terdapat menu Pilih. Anda bisa geser ke samping dan klik tulisannya untuk mendapatkan informasi tersebut.
Setelah melihat informasi ini dan Blog tidak bisa digulir, silahkan klik simbol rumah atau klik nama blog ini.

Cara Meletakan Foto Di Tabel Ms Word Tanpa Mengubah Ukurannya

Dokumen Ms Word yang terdapat tabel berisikan nomor keterangan dan foto biasanya merupakan Laporan Dokumentasi. Jenis Laporan ini banyak digunakan dalam dunia Kerja. Karena suatu laporan dokumentasi penting sebagai bukti telah melakukan pekerjaan sesuai yang diperintahkan. Tidak dengan melaporkannya melalui kata-kata saja. Saat ini dibutuhkan pembuktian. Oleh karena itu kemampuan membuat laporan dokumentasi ini sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Jadi di sini saya akan bagikan sedikit trik dalam membuat laporan dokumentasi.

Kadang atasan menginginkan laporan dokumentasi yang sesungguhnya, tanpa mengubah bentuk foto dokumentasi tersebut. Anda masih bingung dengan kalimat saya tersebut. Baiklah, akan saya coba jelaskan kembali dengan lebih jelas. Misalkan dalam foto terdapat seseorang dengan bertubuh ideal. Kemudian di masukan dalam tabel laporan di Ms Word tapi ukuran foto kebesaran. Lalu diperkecil secara manual. Cara ini tidak tepat karena gambar seseorang dalam foto tersebut bisa saja berubah yang awalnya bertubuh ideal menjadi gendut. Artinya bentuk foto sudah berubah dari aslinya. Terus bisakan memperkecil ukuran foto tanpa mengubah bentuk dalam foto tersebut? Jawabnya bisa. Saya akan berikan tutorialnya di bawah ini.

Tutorial Meletakan Foto di Ms Word Tanpa Mengubah Ukuran Lebar Tabel dan Bentuk Foto

  1. Di Ms Word letakan Kursor pada kolom yang ingin diletakan foto.
  2. Pilih menu Layout paling ujung kanan
  3. Pilih menu Cell Size
  4. Pilih menu Autofit
  5. Kemudian klik pilihan Fixed Column Width
  6. Salin File Foto dengan tekan CTRL + C
  7. Lalu tempelkan pada kolom di Ms Word dengan tekan CTRL + V

Penjelasan Tutorial

Menu-menu di atas memiliki bahasa yang tidak kita mengerti. Karena menggunakan bahasa Inggris. Anda bisa menterjemahkannya. Tapi menurut saya tidak perlu. Yang terpenting kita tahu fungsi dari menu-menu tersebut. Di sini saya akan jelaskan secara singkat.

Maksud dari menu Layout adalah untuk mengatur tampilan suatu dokumen. Kenapa ada dua Layout? Kiri dan kanan! Jawabnya yang kiri itu untuk tampilan keseluruhan dokumen dan yang kanan hanya tampilan tabel, makanya yang kanan baru muncul jika kursor kita letakan dalam tabel. Di sini kita ingin mengatur tampilan foto di dalam tabel sesuai yang kita inginkan.

Maksud dari menu Cell Size adalah ukuran yang terdapat dalam kolom tabel, kita bisa mengaturnya sesuai keperluan. Dalam menu tersebut terdapat pilihan lagi yaitu Autofit, ini adalah fitur agar foto di dalam tabel dibuat otomatis mengikuti aturan yang ada. Terus aturan yang ada seperti apa? Ada beberapa pilihan, tapi di sini kita memilih Fixed Column Width yang artinya lebar foto ke samping tidak bisa melebihi batas tabel yang tersedia.

Kesimpulan

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga membantu. Cara ini sudah saya coba sendiri dan berhasil. Pada Ms Word 2016 yang sudah memiliki Lisensi sehingga Aktif sepenuhnya. Kalau perlu tutorial lainnya terutama seputar ilmu penggunaan Komputer bisa bilang di kolom komentar. Suatu saat akan saya coba buatkan tutorialnya. Sekian dan terima kasih.

PERHATIAN: Jika anda ingin membagikan tulisan di blog ini lakukan dengan cara membagikan link nya atau dengan menekan tombol ikon media sosial di atas. Dan Jika anda ingin bertanya atau butuh bantuan bisa kontak dengan Klik Disini - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Komentar melalui facebook di sini