Skip to main content
Daftar Isi ×

Recent Disqus

Pesan Saya Untuk Anda
Jika anda memperkecil tampilan Blog atau pada tampilan Hp terdapat menu Pilih. Anda bisa geser ke samping dan klik tulisannya untuk mendapatkan informasi tersebut.
Setelah melihat informasi ini dan Blog tidak bisa digulir, silahkan klik simbol rumah atau klik nama blog ini.

Apakah Pion Bisa Makan Musuh Pion Di Sampingnya?

Anda menemukan permainan di mana pion/prajurit makan pion musuh di sampingnya dengan cara menyilang dan berakhir di petak belakang pion musuh yang dimakannya tersebut. Cara itu bisa dan benar adanya. Tapi cara ini sangat jarang dilakukan jadi kurang dikenal dalam permainan catur. Sehingga kadang jika ada yang melakukannya maka akan menimbulkan perdebatan. Dan itu hal wajar karena langkah ini cukup unik dan sangat jarang dilakukan. Dibandingkan dengan langkah lainnya, langkah ini memang dapat diakui cukup rumit. Tapi jika anda mencobanya dalam permainan catur di Hp atau komputer maka itu bisa dan benar ada dalam permainan catur.

Seperti yang kita ketahui, kemampuan pion makan secara menyilang adalah kemampuan dasarnya. Itu bisa dilakukan ketika diposisi silang di depan terdapat bidak musuh. Namun ada kemampuan yang jarang diketahui yaitu pion bisa melakukan makan pion musuh di sampingnya secara menyilang dan berakhir berada di petak berbeda hanya bisa dilakukan dikeadaan tertentu yang memenuhi syarat. Langsung saja lihat syaratnya agar tidak bingung.

Syarat Pion Bisa Makan Pion Di Sampingnya

  1. Apabila pion lawan maju dua petak
  2. Saat pion lawan maju dua petak dan disampingnya ada pion anda
  3. Pion anda bisa memakan pion lawan yang maju dua petak dan berada di sampingnya dengan cara menyilang
  4. Posisi pion anda yang telah memakan dengan cara tersebut yaitu maju dan berada di petak yang dilangkahi pion lawan tersebut
  5. Cara sama bisa dilakukan pion lawan jika anda melangkahkan pion dua petak dan berada di samping pion lawan tersebut
  6. Cara ini tidak berlaku pada perwira musuh cuma pada pionnya saja

Kenapa pion bisa makan pion lawan yang melangkah dua petak dan berada di sampingnya dengan menyilang?
Jawabnya karena dengan melangkah dua petak maka terdapat satu petak yang kosong maka bisa digunakan musuh untuk ditempati. Aturan ini ada untuk mencegah pion melewati pion musuh yang berdekatan. Karena pion punya kemampuan khusus meskipun hanya sekali pakai yaitu melangkah dua petak maka ada kemampuan khusus juga untuk menghadapinya yaitu kemampuan pion dapat memakan menyilang terhadap pion musuh di sampingnya yang melakukan langkah dua petak.

Oleh karena itu kemampuan khusus ini hanya untuk sesama pion dan tidak bisa dilakukan pion ke perwira musuh. Dan oleh sebab itu cara ini dimunculkan bersamaan dengan cara pion bisa melakukan langkah dua petak. Artinya kedua cara ini sengaja ada dan saling melengkapi agar permainan catur tetap seimbang. Sehingga permaian catur semakin saling melengkapi.

Penjelasan di atas saya berikan dengan bahasa dan pemahaman saya sendiri agar mudah dimengerti. Bila anda ingin mengetahui penjelasan tersebut secara langsung dari bahasa lebih baku anda bisa lihat pada sumber yang saya cantumkan di link yang berada di paragraf di bawah ini.

Peraturan pion bisa makan pion di sampingnya dengan menyilang ada dalam dunia catur tapi sesuai dengan keadaan tertentu. Cara ini dinamakan En Passant dalam permainan catur dunia . Jadi setelah mengetahuinya maka anda bisa melakukannya dan apabila musuh melakukannya anda tidak perlu mempermasalahkannya. Selama memenuhi syarat maka itu boleh dan tidak digangu gugat. Dan apabila anda bermain catur dengan cara tersebut lalu mendapatkan protes dari lawan maka anda bisa menjelaskannya cukup memperlihatkan tulisan pada postingan ini, tidak perlu panjang lebar.

PERHATIAN: Jika anda ingin membagikan tulisan di blog ini lakukan dengan cara membagikan link nya atau dengan menekan tombol ikon media sosial di atas. Dan Jika anda ingin bertanya atau butuh bantuan bisa kontak dengan Klik Disini - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Komentar melalui facebook di sini