Cara Menambahkan Teks Pada Angka Excel

Tapi bukan berarti Excel tidak bisa mengerjakannya. Excel tetap bisa menghitung data yang terdapat teks dan angka tapi perlu diperjelas. Maksudnya di sini anda perlu memberitahu cara membedakan teks yang tidak perlu dikerjakan rumus dan angka memerlukan operasi rumus kepada Excel. Dengan melakukan pengaturan menambahkan teks otomatis pada Excel sebagai solusi agar rumus bekerja. Bagaimana caranya berikut tutorialnya.

Teks Otomatis Pada Angka Excel

Gunanya agar rumus Excel dapat bekerja pada angka yang terdapat teks di dalam kolom yang sama. Selain itu teks ini akan muncul otomatis dengan cukup sekali pengaturan. Jadi tinggal memasukan angka saja maka akan muncul angka tersebut bersama teks yang sudah diatur sebelumnya. Untuk lebih memahami maka akan saya berikan contoh berserta cara mengaturnya.

Menambahkan Teks Di Depan Angka Pada Excel

Biasanya ini digunakan untuk penulisan mata uang. Seperti contoh di bawah ini:

Rp. 9000

Cukup menuliskan angka 9000 saja pada kolom Excel maka kata Rp. Di depannya akan muncul otomatis. Sebelumnya anda atur pada kolom tersebut dengan menggunakan rumus berikut:

"Rp." General atau tambahkan "Rp" saja pada format yang tersedia.

Menambahkan teks otomatis pada angka di kolom excel

Penerapannya di Excel, anda klik dulu kolom kosong yang nanti akan anda gunakan untuk mengetikan angka. Lalu pada menu Home, lihat menu bagian Number. Di sana terdapat simbol panah kecil yang terletak di sudut kanan bawah, anda klik simbol tersebut. Menu halaman baru akan muncul. Anda klik pada pilihan Custom. Kemudian pada kolom Type anda tambahkan :

Tanda petik dua, Rp, tanda petik dua lagi, spasi.

Pada depan general. Setelah itu klik Ok.

Menambahkan Teks Di Belakang Angka Pada Excel

Contoh penggunaan penulisan ini untuk menunjukan suatu besaran, seperti di bawah ini:

90 Km

Di sini anda cukup menulis atau lebih tepatnya mengetikan angka 90 saja. Dan teks Km akan muncul otomatis. Jadi untuk bisa melakukannya maka harus di atur dulu dengan menggunakan rumus di bawah ini:

General "Km"

Penerapannya di Excel hampir sama dengan sebelumnya. Anda klik dulu kolom kosong yang nanti akan anda gunakan untuk mengetikan angka. Lalu pada menu Home, lihat menu bagian Number. Di sana terdapat simbol panah kecil yang terletak di sudut kanan bawah, anda klik simbol tersebut. Menu halaman baru akan muncul. Anda klik pada pilihan Custom. Kemudian pada kolom Type anda tambahkan :

Spasi, tanda petik dua, Km, tanda petik dua lagi.

Pada belakang general. Setelah itu klik Ok.

Kesimpulan

Di sini anda cukup sekali mengatur dan untuk menerapkannya pada kolom lainnya cukup tarik dengan klik kiri rendam pada mouse tepat di sudut kanan bawah kolom. Setelah anda menerapkan pengaturan tersebut, silahkan ada coba dengan menggunakan rumus operasi matematikan pada kolom-kolom itu, misalkan Sum, Average, dan lainnya. Maka hasil operasi akan berhasil. Cara lain dalam menerapkannya bisa dengan Blok kolom yang ingin di kasih teks otomatis lalu gunakan cara di atas.