Bagaimana Cara Mencegah Facebook Menyimpan Data Anda?

 Berikut saya bagikan cara agar Aplikasi Facebook tidak menyimpan data kita. Mungkin cara ini anda butuhkan karena khawatir data anda yang berkaitan dengan hal penting dicatat oleh aplikasi tersebut. Sehingga anda ingin menonaktoflan atau mematikan fitur facebook yang menyimpan data anda di Hp. Fitur ini otomatis aktif, jadi perlu tindakan dari anda sendiri untuk menonaktifkannya. Cukup meresahkan bukan. Jadi saya sediakan tutorial lengkapnya dengan menggunakan gambar.

Cara Mencegah Facebook Menyimpan Data

 1.  Buka Aplikasi Facebook di Menu Home pilih simbol garis sejajar tiga yang terletak dibagian atas pada sisi sudut kanan.

 2. Gulir ke bawah dan klik menu Pengaturan. Jika tidak ada temukan klik dulu pilihan Pengaturan dan Privasi. Nanti ada pilihan Pengaturan.

 3. Gulir ke bawah dan temukan pilihan Aktifitas di luar Facebook.

 4. Banyak Aplikasi dan Situs yang kita kunjungi tercatat, jadi hapus dulu data yang telah di simpan facebook tersebut dengan klik Hapus Riwayat.

 5. Akan muncul halaman baru, yang intinya bilang ke kita, anda yakin. Tentu kita yakin bukan. Jadi klik saja Hapus Riwayat.

 6. Kembali ke menu tadi dengan catatan data tersimpan bersih. Langkah selanjutnya untuk mencegah data kita di simpan lagi oleh Facebook. Yaitu dengan klik Opsi Lainnya.

 7. Akan muncul pilihan menu baru, yang terus anda pilih Kelola Aktifitas Mendatang.

 8. Lalu muncul halaman baru yang menjelaskan alasan facebook menyimpan data kita. Emang kita peduli. Bla bla. Kita langsung saja klik Kelola Aktifitas Mendatang.

 9. Akan ada halaman baru lagi yang muncul. Sebuah tombol biru di sisi yang bertuliskan Aktifitas di luar facebook. Anda klik tombol biru tersebut untuk menonaktifkannya. Seperti biasa pihak Facebook menerangkan dengan nada ancaman menurut saya, seperti ini akan mencegah anda login di facebook situs web dan aplikasi lain. Tapi itu tidak masalah. Karena setelah saya coba masih bisa. Jadi kita tetap lanjutkan dengan klik nonaktifkan.


Buat yang main Freefire maka kita akan terkendala. Tapi masih bisa main, saat facebook minta izin Free Fire menggunakan facebook anda, anda izinkan dengan klik lanjutkan. Dan ini tetap akan mencegah facebook menyimpan data Aplikasi Hp anda yanh lain. Untuk login facebook menggunakan browser saya coba masih bisa. Tapi mungkin tombol keyboard di Hp anda tidak muncul untuk mengetik email dan sandi. Cukup merepotkan, tapi mengatasinya mudah. Klik rendam saja nanti muncul pilihan keybord atau tombol hp anda. 

Meskipun Facebook menjelaskan bahkan memberikan contoh alasan mereka menyimpan data aktifitas kita di Hp untuk mengetahui minat dan yang kita cari, agar bisa menyesuaikan dengan menampilkan iklan di facebook pas atau sesuai dengan minat kita. Tapi bagi kita yang punya rasa khawatir dan lebih mencari jalan aman maka tidak masalah untuk mencegah atau menonaktifkan facebook menyimpan data kita. Semoga bermanfaat, dan dipersilahkan bagikan ke keluarga dan teman anda.