Bagaimana Mengatasi Penipuan Kotak Pengaman Meteran Listrik?

Jika ada orang yang memasangkan kotak Meteran Listrik dan mengatasnamakan PLN ke rumah anda, tanpa memberitahu anda di awal. Setelah selesai lalu meminta bayaran. Maka berikan bukti bahwa mereka telah melakukan penipuan dengan memperlihatkan gambar berikut atau link kominfo resmi di bawah ini.

https://kominfo.go.id/content/detail/17759/disinformasi-awas-penipuan-pln-imbau-pelanggan-tak-bayar-penjualan-box-kwh-meter/0/laporan_isu_hoaks

Link tersebut adalah resmi karena terdapat akhiran go.id yang merupakan situs resmi pemerintahan.

Isi Pengumuman Resmi PLN sebagai berikut:

Beredar kabar terkait kasus penipuan yang mengatasnamakan PLN menjadi bahan perbincangan panas di media sosial. Yaitu penipuan berkedok pemasangan tutup pengaman boks KWH Meteran listrik dengan biaya sebesar 400 ribu ditambah biaya operasional 20 ribu.

Menurut Humas PLN Distribusi Jawa Barat, Irma Rifqayani mengatakan "Mohon perhatian kepada seluruh Baraya PLN Distribusi Jawa Barat sekalian untuk berhati-hati terhadap berbagai modus penipuan seperti gambar berikut ini". Irma pun mengimbau konsumen PLN agar segera melaporkan kepada pihak yang berwajib jika mendapati modus penipuan itu.


Demikian isi penguman dari situs Kominfo resmi. Untuk situs ini cuma sebagai pemberi informasi atau menyampaikan informasi. Semoga anda bisa mengatasi penipuan tersebut. Diharapkan setelah mereka melihat informasi resmi tersebut mereka tidak bisa membela diri apalagi memaksa untuk minta bayaran. Anda bisa tambahkan dengan akan memberitahu warga atau tetangga bahkan RT sampai Polisi jika mereka tetap bersikeras.