Skip to main content
Daftar Isi ×

Recent Disqus

Pesan Saya Untuk Anda
Jika anda memperkecil tampilan Blog atau pada tampilan Hp terdapat menu Pilih. Anda bisa geser ke samping dan klik tulisannya untuk mendapatkan informasi tersebut.
Setelah melihat informasi ini dan Blog tidak bisa digulir, silahkan klik simbol rumah atau klik nama blog ini.

Kenapa Hidup Ini Tidak Adil?

Pernah berfikir hidup itu tidak adil? Saya yakin semua orang pernah berfikir demikian. Bahkan sampai berpikir hidup memang dirancang tidak adil. Ada yang berpikir Hidup tidak adil karena banyak orang yang sudah terlahir mapan dan hidup enak, sedangkan banyak sekali orang yang harus berjuang untuk bertahan hidup dan mendapatkan apa yang mereka mau. 

Alasan Hidup Dirancang Tidak Adil

Karena hidup emang tidak perlu adil, kalau semua adil semua rata, tidak akan ada yang berusaha lebih, jadinya semua akan diam dan tidak bergerak kemana-mana, karena semua udah dapat hal sama. Misalkan hidup adil maka tidak bakalan seru. Karena tidak ada tantangan dalam hidup di dunia ini.

Alasan hidup itu tidak adil agar dunia ini bekerja secara semestinya, terus berlanjut sampai hari akhir. Yang miskin harus tawakal dan berusaha merubahnya. Yang kaya harus bisa saling berbagi, menolong yanh kesusahan, "meminjamkan" sebagian rezeki di jalan Allah. Saya setuju "hidup tidak adil, tapi nanti pasti akan adil."

Alasan Orang Terlahir Kaya dan Kita Miskin

Orang terlahir dari orang kaya karena mungkin orang tuanya dulu pernah susah dan berjuang keras mendapatkan uang. Dan kita terlahir miskin mungkin karena orang tua kita sibuk mengomentari orang tua dia, dengan komentar buat apa cari uang karena uang tidak dibawa mati.

Yah, secara obyektif dari awal. Hidup tidak adil, namun ketika menginjak dewasa baru mengerti, sebenarnya hidup ini sangat adil. 

Yang perlu dirubah adalah rasa selalu membandingkan tanpa ada niat berusaha. 

Contoh sederhana gini, ada orang kaya terus saat riwayat hidupnya dibaca dari keluarga miskin terus bikin usaha , sukses , jadi kaya. 

Pandangan orang yang tidak mau berusaha pasti mengacu pada "Enak ya, usahanya sukses" atau "Dapet modal, wajar". Ini contoh pola pikir yang ga bakalan maju. 

Hal yang harus direnungkan adalah kesempatan. Dan usaha yang bagus adalah usaha yang berprinsip ekonomi yaitu dengan biaya minimal menghasilkan suatu yang berkualitas maksimal. Tidak pernah berubah.

Begitulah hidup, adil tidaknya hanya pribadi sendiri. Kamu menganggap diri orang lain sangat adil, tapi orang yang kamu anggap adil itu juga merasa tidak adil kepada yang diatasnya, begitu seterusnya.

Seperti kata Batman, "The world only makes sense if you force it to". Hidup tidak akan pernah adil sampai kapanpun, tetapi duniamu bisa. Kamu tidak bisa mengubah siklus kehidupan yang tidak adil ini. Tetapi kamu bisa mengubah cara pandangmu terhadap dunia dan kehidupanmu sendiri agar terasa adil. Duniamu bisa terasa adil apabila kamu memandang setiap momen kehidupan sebagai suatu anugrah dan pertualangan yang singkat dan apabila kamu memandang setiap masalah sebagai suatu pelajaran penting dalam hidup. Setiap orang memiliki jalan hidup yang berbeda-beda. Bisa jadi kamu mempunyai pengalaman hidup ataupun kenangan yang tidak akan pernah bisa orang lain rasakan, kebahagiaan tersendiri yang kamu dapatkan dari hal-hal kecil yang belum tentu orang lain bisa rasakan.

Seperti halnya tentang hubungan, kamu dan dia mempunyai perasaan yang hanya kalian berdua didunia ini yang dapat rasakan. Bahkan ketika putus pun hanya kalian berdua yang mempunyai kenangan yang sama. Bersyukurlah karena ia pernah mengisi salah satu bab dalam cerita hidupmu dan memberikan pelajaran dan pengalaman penting dalam hidupmu.

Hidup Itu Sebenarnya Adil

Dari sudut pandang manusia emang hidup tidak adil karena manusia tidak akan pernah merasa puas dengan apa yang ia miliki, manusia terlalu sering melihat ke atas, padahal masih banyak orang yang berada di bawah mereka.

Hidup itu adil karena punya enak dan gak enaknya masing-masing. Dan setiap orang diberi ketidakadilan.

Cara Hilangkan Pikiran Hidup Ini Tidak Adil

Jangan Terlalu Sering Kamu Melihat Ke Atas Karena Merasa Hidupmu Tidak Adil, Cobalah Lihat Ke Bawah Ada Lagi Yg Hidupnya Lebih Tidak Adil Daripada Kamu, Setiap Manusia Memang Sudah Diberi Keadilan Masing-masing. Tinggal Cara Mereka Menanggapinya.

Jadi percayalah, setiap kehidupan mempunyai versi cerita dan waktu kebahagiaannya masing-masing, mungkin tidak sekarang tapi suatu saat pasti. Kamu mungkin tidak bahagia sekarang, tapi percayalah suatu saat kamu akan mempunyai momen tersendiri dalam hidupmu yang tidak akan pernah bisa dimiliki orang lain.

Ingat kata Patrik, Hidup memang tidak adil, jadi biasakan dirimu.

PERHATIAN: Jika anda ingin membagikan tulisan di blog ini lakukan dengan cara membagikan link nya atau dengan menekan tombol ikon media sosial di atas. Dan Jika anda ingin bertanya atau butuh bantuan bisa kontak dengan Klik Disini - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Komentar melalui facebook di sini