Duluan Mana Ayam Atau Telur?

Anda dibuat pusing dan bingung dengan pertanyaan duluan yang mana antara ayam dan telur yang muncul di dunia ini. Berikut saya kasih tahu jawabnya.

Klaim Peneliti terkait ayam Lebih Dulu Ketimbang Telur

Peneliti ini bukan penjual telur. Tapi orang-orang dari Labotorium.

Pembahasan Duluan Ayam

Klaim ini datang dari beberapa peneliti yang mempelajari bagaimana kulit telur ayam terbentuk.
Kulit telur sebagian besar terbuat dari kalsium karbonat (CaCO₃).
Dua universitas di Inggris, Sheffield University dan Warwick University, secara khusus melakukan penelitian tentang ini.

Penelitian mereka menggunakan UK Science Research Council’s super-computer yang dinamakan HECToR (High End Computing Terascale Resource).
Mereka menemukan bahwa protein yang bernama Overledidin atau Ovocledidin-17 (OC-17) bertindak sebagai katalis untuk mempercepat pembentukan cangkang telur.

Protein tersebut sangat penting dan hanya terdapat dalam sel ovarium ayam betina, protein inilah yang dibutuhkan untuk membentuk cangkang telur.
OC-17 mempercepat produksi cangkang telur dalam tubuh ayam sehingga dalam waktu 24 jam sebuah telur siap untuk dikeluarkan.

Kesimpulan Ayam Itu Duluan

Penelitian tersebut menjelaskan bahwa telur tidak dapat diproduksi tanpa OC-17 yang terdapat dalam indung telur ayam.

Masih ragu, bisa kita buktikan sendiri. Sediakan ayam dan telur. Masukan ayam di kandang pertama terpisah dengan telur di kandang kedua. Tunggu sampai telur menetas. Jika telur bisa menetas tanpa dierami ayam maka telur yang duluan ada untuk memunculkan ayam. Jika tidak bisa maka ayamlah yang duluan ada.