Bahasa Rahasia Gosip! Bagaimana Mengartikannya?

Jika kalian pernah mendengar sekelompok berbicara dengan bahasa aneh. Tapi meraka saling mengerti. Dan bahasa itu anda kira bahasa daerah. Padahal itu bukan. Ternyata bahasa itu adalah bahasa buatan atau punya sandi. Berikut cuplikan dari bahasa tersebut.

Kagalogo

Kagamugu

Ngegertigi

Bagahagasaga

Iginigi,

Begeragartigi

Magasaga kagecigil

Kagamu

Tugugakang

Gogosigipi


Bahasanya asik diucapkan tapi tidak kita mengerti karena kita belum tahu kuncinya. Berikut ialah kunci dari bahasa rahasia tersebut.

Bahasa tersebut berdasarkan huruf vokal A i e o u yang diajarkan guru bahasa Indonesia lalu disatukan dengan tambahan huruf rahasia sehingga menjadi ga gi ge go gu oleh pelajar kreatif masa dulu.

Jadi penggunaannya, dari dua/tiga huruf kata asli sebelumnya kemudian ditambahkan kata rahasia yang sesuai dengan vokal huruf asli tersebut. Contoh kata kagalogo asal kata aslinya kalo. Setelah kata asli ka ditambahkan kata rahasia ga lalu setelah kata asli lo ditambahkan kata rahasia go sehingga jadi kagalogo. Sudah mulai mengerti, ayo kita coba artikan bahasa tadi secara keseluruhan.


Kagalogo

(kalo)

Kagamugu

(kamu)

Ngegertigi

(Ngeti)

Bagahagasaga

(Bahasa)

Iginigi,

(Ini)

Begeragartigi

(Berarti)

Magasaga kagecigil

(Masa kecil)

Kagamu

(Kamu)

Tugugakang

(Tukang)

Gogosigipi

(Gosip)


Sudah mengerti. Selamat mencoba. Bahasa ini disesuaikan saja dengan huruf vokal asli. Jadi tidak harus dipenggal setiap dua huruf. Selamat mencoba. Bagikan bila kamu ingin jelaskan ke temanmu agar dia mengerti dan kalian bisa saling berbagi cerita.