Bagaimana Cara Scan Tanpa Tulisan Dipindai Dengan Camscanner di Bawah Hasil Scannya?

Bila anda menggunakan Aplikasi Scan di Hp Andorid. Sering hasil scannya yang berupa file Pdf muncul tulisan "dipindai dengan camscanner" di bagian bawah dokumen. Hasil scan ini terlihat tidak bagus. Apalagi jika di print tulisan tersebut yang tidak berhubungan dengan dokumen yang discan juga ikut terprint, terlihat menganggu. Hal ini terjadi karena biasanya orang ketika mencari aplikasi scan di Playstore maka langsung menggunakan aplikasi yang muncul di sana pada halaman depan gaitu Camscanner. Aplikasi ini gratis tapi syaratnya muncul tulisan itu di bawah dokumen. Dan untuk menghilangkan tulisan tersebut harus bayar. Tapi di sini saya punya cara dengan aplikasi scan gratis android tanpa tulisan dibawahnyadan tidak harus bayar alias gratis untuk menghilangkan tulisan tersebut.

Cara Scan Tanpa Tulisan "Dipindai Dengan Camscanner"

Di sini saya menggunakan aplikasi lain yang juga gratis dan tidak memuat tulisan dipindai dengan nama aplikasi tersebut di bawahnya. Aplikasi ini mungkin tidak terlalu terkenal dan tidak akan muncul di playstore jika anda cari dengan tulisan aplikasi scan. Jadi silahkan anda cari dengan kata kunci Fast Scanner dan jika anda tidak ingin ribet klik saja download aplikasi Fast Scanner.

Saya juga akan berikan tutorial cara menggunakan aplikasi Fast Scanner :

1.  Masukan Data Yang Ingin diScan

Saat anda membuka aplikasi Fast Scanner maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

  • Untuk menggunakan gambar yang anda ingin scan dari Galeri Hp anda silahkan klik simbol titik tiga pada suduk kanan atas lalu pilih import form gallery. Kemudian pilih foto tersebut.
  • Untuk langsung memoto dokumen yang ingin di scan, langsung saja klik simbol kamera pada sudut pojok kanan bawah.

2. Atur Bagian Yang diScan

Saat memoto atau mengambil gambar dokumen pasti ada bagian yang tidak perlu ditampilkan di fle hasil scan. Silahkan anda atur dengan menggeser garis hijau yang muncul.

3. Atur Hasil Scan

Setelah anda menentukan area yang ingin discan maka langkah selanjutnya mengatur hasil scan. Di sini terdapat banyak pilihan yang akan saya coba jelaskan satu persatu.

  • Photo, pilihan yang langsung menjadikan foto yang apadanya jadi file scan. Biasanya ini untuk ijasah.
  • Color, pilihan ini akan membuat hasil scan berwarna tapi tidak terlihat seperti di foto. Biasanya ini untuk dokumen yang ingin yang terdapat stempel dan ingin dimunculkan berwarna.
  • B&w, pilihan ini untuk menjadi hasil scan dalam bentuk dua warna saja yaitu black dan white arau hitam putih saja, hasil seperti ini untuk dokumen tanpa stempel, hasil ketikan yang difoto kembali untuk discan.

Terdapat pilihan untuk menerangkan dan menebalkan hasil scan. Kotak-kotak hitam dan putih yang terdapat di bawah itu bisa anda klik dan sesuaikan dengan yang diinginkan.

4.  Beri Nama Aplikasi Scan

Anda juga bisa memberikan nama atau mengganti nama file hasil scan. Caranya klik simbol titik tiga pada pojok kanan atas. Dan pilih yang ada tulisannya rename.

5. Simpan atau Bagikan Hasil Scan

Di sini hasil scan bisa anda simpan atau langsung anda bagikan.

Bila anda ingin membagikannya langsung maka anda bisa klik simbol tiga lingkaran yang saling terhubung, letaknya pojok kanan atas. Setelah itu, sebelum membagikan akan ada pilihan format file, pdf dan jpg. Pilih saja yang pdf karena biasanya hasil scan menggunakan format tersebut. Lalu coba anda gulir ke bawah akan tersedia aplikasi yang sudah anda instal di Hp anda yang bisa membagikan file. Silahkan anda pilih. Aplikasi yang langsung dibagikan otomatis tersimpan di galeri aplikasi ini jadi sewaktu-waktu bisa anda buka dan lihat kembali.

Kalau ingin menyimpan file hasil scan di Memori Hp tanpa membagikannya. Caranya juga ada. Klik simbol titik tiga. Klik save to stroge untuk menyimpannya dalam bentuk pdf. Dan klik save to galery untuk menyimpannya dalam bentuk foto. Berikut contoh hasil scannya.

Saya sering melihat hasil scan yang dibagikan baik instansi atau perorangan terdapat tulisan nama aplikasi scan di bawahnya. Semoga cara yang bisa saya sampaikan mengenai aplikasi android scan gratis tanpa tulisan di bawahnya bisa membantu.