Skip to main content
Daftar Isi ×

Recent Disqus

Pesan Saya Untuk Anda
Jika anda memperkecil tampilan Blog atau pada tampilan Hp terdapat menu Pilih. Anda bisa geser ke samping dan klik tulisannya untuk mendapatkan informasi tersebut.
Setelah melihat informasi ini dan Blog tidak bisa digulir, silahkan klik simbol rumah atau klik nama blog ini.

Bagaimana cara agar kita bisa senang belajar Matematika?

Bila anda sedang menghadapi Ujian, dan anda adalah tipe orang yang suka nonton-in Video pembelajaran, Tetapi ketika masuk ke ranah Matematika rasanya Penguat Hati ini langsung lenyap seketika (padahal tahu kalau sudah tidak tahu apa-apa, ini malah tidak mau belajar)

Dan muncul pertanyaan, Bagaimana cara agar kita bisa senang belajar Matematika? Apa yang harus saya lakukan?

Cara Suka Matematika

1. Pelajari Dasar Matematika

Logikanya kalau mau mulai belajar aljabar harus paham cara + - : x dan operasi-operasi lainnya. Jika sudah paham maka akan tahu mengerjakan Matematika. Bila sudah tahu maka bisa mulai mengenal soal-soal. Lalu mulailah mencoba mengerjakan soal. Gunakan proses atau langkah-langkah pekerjaan. Apabila langkah yang kamu lakukan berhasil sama dengan jawaban yang tersedia maka itu akan membawa kesenangan untuk dirimu sendiri.

2. Kerjakan Soal-Soal Mudah

Cara lainnya bisa kamu coba kalau yang di atas masih belum berhasil. Biar seneng belajar matematika, cobalah untuk mengerjakan soal-soal yang mudah. Yang jelas kalau bolak balik ngebuka penjelasan dan tidak ada masalah, nanti lama-lama jadi paham gimana maksud materi itu. Lalu kalau yang mudah-mudah sudah bisa, tingkatin ke soal yang lebih sulit dari soal-soal yang mudah tadi biasanya langsung merasa tertantang untuk mencoba yang lebih dan lebih. Karena pada dasarnya, Matematika itu menantang.

3. Anggap Permainan

Jika kamu suka main game maka Anggap saja Matematika itu kayak permainan angka/ teka-teki/ pemecahan masalah. Pasti akan menjadi seru.

4. Hubungkan Matematika ke Kehidupan Nyata

Lihat implentasinya atau hubungan Matematika langsung di kehidupan nyata. Sadari di hidup ini juga ternyata diperlukan konsep" matematika, misal bahas peluang nah kaitannya dalam hidup itu apa, jadi ngerti manfaatnya. Kalau ada manfaatnya pasti akan muncul minat mempelajarinya.

5. Belajar Dari Pengalaman Yang Suka Matematika

Tips dari orang yang suka matematika yaitu:

  • Kuasai dulu dasarnya
  • Kalo dasar yg dipunya udah kuat, baru boleh belajar topik yg lebih tinggi
  • Rajin latihan soal
  • Jangan terlalu terpaku ke rumus, gunakan logika karena matematika adalah ilmu yg kental akan logika. Rumus adalah pemodelan dari pola-pola yang ada. Nah yang harus bener-benar dimengerti adalah pola-pola ini beserta logika berfikirnya.

Aku dulu waktu SMP sempet gak tuntas belajar aljabar karena aku saat itu lagi agak males belajar, kaget ketemu simbol-simbol huruf (variabel) dan aku juga pernah gak masuk sekolah waktu pelajaran Matematika. Nah karena itu aku sejak kelas 8 sampe kelas 11 jarang dapet nilai matematika yang bagus waktu ulangan atau ujian. Padahal sejak SD sampai kelas 7 SMP aku sering dapet nilai 90 sampai 100 waktu ulangan atau ujian Matematika. Karena aku menyadari kekurangan aku yang lemah di Aljabar padahal aljabar itu basic yg penting banget dalam Matematika, aku pun ngulang pelajaran SMP khususnya aljabar walau aku udah kelas 11. Sumbernya macam-macam, terutama aku ngulang dari YouTube sampai akhirnya pake zenius.

Prosesnya gak instan, tapi perlahan-lahan kemampuan Matematika aku meningkat sampai aku bisa "Mencintai lagi Matematika". Aku waktu SD suka banget Mtematika tapi kecintaan aku berkurang ketika aljabar menyerang waktu SMP.

6. Cerita Pengalaman Yang Dulu Tidak Suka Matematika Jadi Suka

Saya dulu juga pernah tidak suka Matematika. Awalnya saya menganggap Matematika hanyalah angka-angka saja. Tapi setelah dikenalkan dengan materi Aljabar. Dimana soal itu menceritakan kejadian di dunia nyata, lalu masalah yang terjadi diselesaikan dengan rumus Matematika.

Saya mulai tertarik. Bahkan dulu di awal-awal materi Aljabar saya dapat nilai buruk karena minim penjelasan dari guru. Saat itu guru mengadakan Les Pribadi berbayar, sedangkan saya saat itu tidak punya uang karena miskin. Tapi itu bukan berarti penghalang untukmu bisa menyukai Matematika.

Saya hanya memperhatikan teman-teman yang sudah les mengerjakan soal matematika Aljabar di depan papan tulis. Saya mencoba memahami sendiri bagaimana jalan atau langkah-langkah dia menyelesaikan soal hingga mendapatkan jawaban. Kemudian saya mencoba mengerjakannya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah itu. Dan bahkan sampai mencobanya di rumah, saya sudah mulai memahami caranya.

Jadi yang saya butuhkan soal dan jawaban dari contoh di buku dan soal tugas yang dikerjakan teman di papan tulis. Kemudian caranya saya tulis dan kerjakan sendiri. Betapa senangnya saya ketika cara saya bisa bertemu dengan jawabannya. Dengan yang saya lakukan ini berhasil membuat saya menyukai dan senang belajar Matematika bahkan dapat nilai bagus hingga ranking satu di sekolah. Semoga cerita pengalaman saya bisa memberikan inspirasi.

PERHATIAN: Jika anda ingin membagikan tulisan di blog ini lakukan dengan cara membagikan link nya atau dengan menekan tombol ikon media sosial di atas. Dan Jika anda ingin bertanya atau butuh bantuan bisa kontak dengan Klik Disini - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Komentar melalui facebook di sini