Kenapa 5+5x3=20 Bukan 30?

Jawabnya karena dalam aturan matematika perkalian dan pembagikan didahulukan baru penjumlahan dan pengurangannya. Contoh dalam kehidupan sehari-hari akan menjelaskan bahwa aturan tersebut benar. Berikut contohnya.

Soal 5+5x3 dalam contoh dikehidupan nyata

Misalkan kamu punya 5 ribu kemudian ditambah 5 ribu sebanyak 3 lembar. Maka uangmu jadi berapa? 20 ribu atau 30 ribu. Kalau kamu jawab 20 ribu benar uang yang kamu miliki ditangan 20 ribu tapi jika kami jawab 30 ribu maka salah karena ditanganmu pasti tidak ada uang 30 ribu tersebut.

Bagaimana Jika 5+5 dalam kurung baru dikali 3 ?

Jika soal diubah. Dengan memberikan kurung pada penjumlahan maka hasilnya juga berubah dengan mengikuti aturan matematika. Bila didalam operasi matematika terdapat tanda kurung maka yang didahulukan adalah yang di dalam kurung. Sehingga aturan perkalian dan pembagian didahulukan dari penjumlahan dan pengurangan bisa diabaikan. Itu hanya berlaku bila ada tanda kurung.

Contoh dalam kehidupan sehari-hari soal (5+5)x3

Misalkan kamu punya selembar uang 5 ribu kemudian ditambah lagi uang selembar 5 ribu dan diberikan sebanyak 3 kali lipat dari uang yang kamu punya. Maka hasilnya adalah 30 ribu. Tanda kurung akan membuat dua kejadian atau peristiwa berbeda. Dalam kalimat contoh kehidupan sehari-hari di atas. Kedua kejadian dipisahkan dengan kata dan. Kalau di dalam metematika diberikan tanda kurung.

Demikian yang bisa saya berikan jawabnya mengenai jawaban yang masuk akal mengenai soal 5+5x3 kenapa 20 di kalkulator bukan 30.