Jika Soal 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 Maka Yang Benar 4 x 6 atau 6 x 4

Ada soal yang viral dan menjadi perdebatan. Soal pertama 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 dan dijawab oleh murid 4 x 6 dan disalahkan guru disertai jawaban yang benar yaitu 6 x 4. Jadi yang salah murid atau guru? Dan yang benar siapa? Berikut jawabnya.

Diprotes oleh kakak murid itu dia yang mengajarkannya dan menurut dia jawabannya harusnya benar karena sama saja pakai konsep apapun.

Jawaban Yang Benar 6 x 4 Bukan 4 x 6

Kenapa saya menyatakan jawaban yang benar adalah 6 x 4 untuk soal 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 karena soal tersebut kalau diucapkan dalam ringkasan bahasa Indonesia akan berbunyi, ada sebanyak enam angka empatnya. Kalau dilihat dari jawaban yang tersedia maka terdapat arti berbeda.

  • 6 x 4 jika diucapkan enam kali empatnya.
  • 4 x 6 jika diucapkan empat kali enamnya.

Pembuktian 6 x 4 Jawaban Benar Dalam Kehidupan sehari Hari

Anda pernah ke pukesmas dan diberi resep oleh dokter dan kadang ada tulisan 3 x 1 dan disertai ucapan dokter, "obatnya diminum tiga kali dalam 1 hari (sehari) ya."

Jadi ada obat 1 untuk pagi hari ditambah obat 1 di siang hari ditambah obat 1 malam hari dan itu semua dalam 1 hari. Sehingga kalimat matematikanya menjadi:

3 x 1 = 1 + 1 + 1

Kalau ditulis 1 x 3 maka artinya berbeda. 1 kali 3 nya. Satu kali minum obat dalam tiga hari. Perhatiakan urutan angka dan penempatan kata kali setelahnya. Sesuaikan.

Kesimpulan

Meskipun jawaban tetap sama tapi konsep dalam matematika berbeda. Dan akan fatal jadinya jika salah dalam mengartikannya. Jadi soal 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 = 6 x 4 itu benar.