Bagaimana Cara Main di Kertas Dengan Menulis Pengetahuan Kata?

Permainan kertas tulis memori kata ini bisa dimainkan dengan teman sekelas atau teman tetangga atau teman sepermainan. Jumlah pemain paling sedikit satu orang dan paling banyak tanpa batas. Tapi terlalu banyak juga akan bikin permainan pusing. Jadi saya sarankan jangan lebih dari 3 orang.

Siapkan kertas dan polpen

Masing-masing pemain memiliki buku atau kertas satu-satu dan juga polpen. 

Bikin tabel dengan penggaris

Di kertas tersebut dibikin tabel yang di atas tabel terdapat kategori kata diantaranya adalah buah, hewan, benda, negara dan kategori lain yang punya banyak nama dan jelas serta diketahui.

Tentukan berapa kali main

Silahkan tentukan berapa kali melakukan permaian untuk mengakhiri permainan dan menentukan pemenangnya. Misal 5 baris jejeran kata batasnya.

Mulai main dengan ajukan jari sembarang

Kemudian masing-masing menulis berdasarkan abjad yang keluar dari jumlah jari peserta. Dimulai dari huruf a dan seterusnya. Kemudian diulang lagi dari a jika jumlah jari banyak.

Tulis kata berdasarkan abjad

Jika sudah diketahui huruf abjad yang keluar maka permainan dimulai dengan menuliskan kata dengan huruf awal berdasarkan abjad tersebut dan sesuai kategori di atas tabel. Penulisannya setiap kata dengan kata berikutnya di bawah di kasih jarak satu baris kosong untuk penilaiannya. Lakukan penulisan kata ini tanpa diketahui pemain lain.

Batasan permainan

Ini keseruan dalam permaian ini. Di mana setiap pemain berusaha mencari kata yang dia ketahui berdasarkan abjad pilihan. Yang sudah selesai menjawab duluan bisa menghentikan lawan lain yang menjawab dengan memulai dan meneruskan pemilihan huruf abjad berikutnya yang harus diikuti pemain lain dan menghentikan memikirkan dan menulis kata.

Penilaian permaian

Jika sudah menulis semua kata sesuai berapa kali permainan berlangsung maka mulailah melakukan penilaian. Setiap kata yang sama dengan pemain lainnya maka nilainya 50. Jika kata tidak ada yang menyamai maka nilainya 100. Bila tidak ada jawaban maka nilainya 0. Semuanya dihitung lalu dijumlahkan. Yang nilainya paling tinggi, dia pemenangnya.

Itulah permaian yang sederhana tapi seru yang dimainkan anak-anak dulu dengan bahan cukup kertas, polpen/ pensil, bila perlu penggaris. Pemainan dengan kertas tulis berupa ingatan pengetahuan kata ini bisa anda bagikan ke teman anda yang baru tahu dan anda bisa main dengannya.