Apa Bisa Menambahkan Rp Otomatis Dengan Cepat di Excel?

Jawabnya bisa menambahkan tulisan Rp di kolom Excel yang berisikan angka secara otomatis muncul semua dengan cara yang cepat tanpa perlu memilih Rp Indonesia di Format Cells bagian Accounting. Cara yang diajarkan pada umumnya di tempat belajar Komputer dengan cara memilih di Accounting. Itu cara yang ribet dan memerlukan banyak waktu. Di sini saya ajarkan cara instan, cara cepat, jalan pintasnya untuk memunculkan Rp di Excel.

Cara Menambah Rp Otomatis Di Excel Dengan Cara Cepat

1. Pilih Kolom

Anda klik kolom yang ingin anda tambahkan Rp secara otomatis. Anda bisa blok semua angka yang ingin ditambahkan Rp sekaligus. Dengan catatan angka tersebut tidak tercampur dengan tulisan abjad atau huruf. Karena jika ada tulisan huruf dan angka maka cara ini tidak akan berjalan. Sebab cara ini bisa bekerja terhadap rumus yang diberikan. Bila ada huruf dan angka yang ditambahkan secara manual maka rumus tidak berjalan. Oleh karena itu dengan cara ini kita menambahkan huruf Rp.

2. Masuk ke Format Cells Number

Caranya pada Menu Home di bagian Number klik panah bawah. Anda akan masuk ke menu Format Cells Number. Banyak pilihan yang tersedia. Tapi kita fokus pada tujuan kita. Yaitu hanya ingin menambahkan Rp dengan cepat. Jadi anda langsung ikuti langkah selanjutnya.

3. Pilih custom

Anda klik pilihan custom. Anda perhatikan kolom yang muncul di samping kanannya. Terdapat tiga kolom. Paling atas bertuliskan Sample, adalah contoh yang akan muncul nanti di kolom Excel sebenarnya sesuai dengan rumus yang dimasukan pada kolom dibawahnya. Kolom di bawahnya yaitu Type. Kolom ini yang akan kita gunakan untuk memasukan rumus cepat menambahkan Rp. Kemudian pada kolom di bawahnya lagi, anda abaikan saja karena itu Cuma pilihan rumus yang sudah disediakan. 

4. Masukan Rumus Rp

Pada kolom Type, anda blok tulisan General lalu hapus. Kita kosongkan kolom Type tersebut. Kemudian Isi dengan rumus dengan format berikut: Rp* #.##0,00

Rumus ini mengikuti tata cara penulisan uang rupiah Indonesia. Sebagai tambahan saya jelasskan arti dari rumus tersebut. Rp adalah huruf yang kita tambahkan. Simbol * adalah spasi otomatis yang akan menyesuaikan dengan panjang angka agar memenuhi kolom. Kemudian ada satu spasi yang ditambahkan ini Cuma sinyal untuk fungsi dari simbol bintang tadi. Kemudian simbol pagar nanti akan digantikan dengan angka yang sudah tersedia di kolom excel. Titik dan koma adalah simbol tata cara penulisan rupiah di Indonesia yang menyatakan pemisah ribuan dan dua angka desimal. Satu angka 0 tambahan sebelum koma fungsinya agar bisa memisahkan secara otomatis angka bentuk ribuan dengan titik. Dua angka nol sesudah koma adalah angka desimal tambahan.


Kesimpulan dan Penutup

Cara memunculkan Rp dengan cepat di Excel ini berdasarkan format penulisan nominal uang Indonesia. Cara ini akan sangat cepat jika anda mengingat rumusnya. Anda bisa kapanpun kunjungi situs jawabnya.com jika sewaktu waktu memerlukan jawaban bagaimana menambah Rp di Excel. Anda bisa gunakan daftar isi atau daftar pertanyaan. Dan periksa di bagian menu belajar. Atau anda bisa langsung menuliskan pertanyaan dengan mencarinya. Semoga membantu.